Aplikasi GroupWare 1

Rabu, 29 Juni 2011


Setiap perusahaan, tempat kerja, ato komunitas biasanya tak terlepas dari kegiatan email, file sharing, mengirim jadwal pekerjaan, dan ngebuat catatan penting. beberapa kegiatan itu kalo dipisah-pisah bakal ngebutuhin banyak aplikasi sendiri yang sesuai kebutuhannya.

hal tersebut biasanya menjadikan pekerjaan sangat tidak efektif. belum lagi kalo spesifikasi PC yang digunakan tidak memadai. di sini peran aplikasi groupware dibutuhkan. dengan menggunakan groupware, pengguna sudah disuguhi dengan sejumlah fitur yang terdapat pada aplikasi bersangkutan.
kayak aplikasi untuk ngirim email, file sharing, membuat kalender, membuat daftar tugas, mencatat hal-hal penting, and many more. 

kalo udah tau fungsinya, tinggal nyari aplikasi groupware yang sesuai kebutuhan kamu.
beberapa pilihan aplikasi groupware yang bisa dijadikan pilihan dan digunakan secara free, contohnya : e-Groupware, Zimbra, Horde, Kolah, Zarafa, Collabtive, OpenGroupware.org, GroupOffice, dan banyak lagi.

tentunya beberapa groupware tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. aku bakal ngasih sedikit preview dari tiap aplikasi ini. pilihan tetap di tangan kamu. ^^

0 komentar:

Posting Komentar